Kamis, 09 April 2009

garbage is treasure? =D

Tiap hari, berapa banyak sampah yang lo produksi?
sedikit atau banyak, TPS Bantar Gebang di Bekasi yang jadi tempat peraduan terakhir segala rupa sampah-sampahnya orang Jakarta dan sekitarnya itu didatengin minimal 6000 ton sampah per hari. di 108 hektar tanah, ada bergunung-gunung sampah setinggi 25 meter lebih.
Radius bebauan di gunung-gunung itu bisa nyampe 15 meter. yah semoga saja, mari kita semua berdoa, meskipun lo buang waktu aja, lo cukup berotak untuk ngebuang sampah-sampah itu ke tempatnya. udah tahun 2009 gini masih diajarin buang sampah pada tempatnya? malu sama kuda dan sapi serta rumput yang bergoyang!!
cuma mau ngingetin, kalo TPS di Bantar Gebang itu sekarang jelas udah sangat ga layak karena udah ga bisa lagi nampung sampah-sampah yang tiap hari datang bergunung-gunung ke sana, sampai-sampai pemerintah kota kita sekarang masih berpusing-pusing nyari gimana caranya supaya bisa nemu cara mengelola sampah yang efektif, aman, tapi murah sambil lirik sana-sini supaya bisa ngelobi daerah yang sudi dijadiin TPS baru.
mudah-mudahan bukan rumah tetangga lo yang kena lobi, soalnya baunya pasti kecium sampe kamar lo.
trus kalo sampah-sampah segala rupa itu tetep ga bisa ditangani, bahaya jelas mengancam. kayak global warming lah.
kadang-kadang, harta karun paling berharga itu adalah sesuatu yang sukar lo temui sebelumnya, dan mesti lo cari-cari dulu.
ini bukan berarti lo harus nyari ke gunung, gua atau laut. mungkin aja diantara sampah-sampah yang udah hampir lo buang begitu ke tempat sampah itu ada 'harta karun' yang menunggu untuk lo temukan.
bekas karton kemasan makanan yang bisa jadi art work masterpiece misalnya (alright, itu berlebihan tapi ga ada salahnya mencoba.. You're not a truly artist until someone find it so hard to understand you, you know.. hahahaha) atau botol botol minuman yang bisa lo pake lagi.
don't just throw your junk away, find your own treasure, with the key of 4R: Reduce-Reuse-Recycle-Rethink.
atau, gimana kalo mulai mencari sampahan orang?
Who knows that you would find your priceless treasure there..

dikutip dari; Majalah Provoke!
(pernah ada di fs gue tapi gue ketik ulang haha)

thank's

Tidak ada komentar: