Jumat, 10 April 2009

BAHAYA KESEDIHAN, wowwwwwwww

pernah ga sih lo sedih?
misalnya gara gara lo dapet nilai jelek, dimarahin ortu, ngerasa salah, dijauhin temen, menyesal atau seringnya gara gara putus cinta gitu?
hha. tiap orang rata-rata pernah mengalami rasanya 'bersedih' itu sendiri.
tapi FYI, menurut buku yang gue baca (halah sok helen deh ah), yah kita sebagai remaja ga boleh bersedih.
kenapa tidak boleh bersedih?
bukankah bersedih itu manusiawi?
Bersedih karena materi akan membuat kita mengalami depresi (yaaah I think you know that). Robert E. Lane dalam
The Loss of Happiness in Market Democracies menyatakan, "... untuk dapat dikatakan depresi, anda harus memiliki paling tidak empat gejala di bawah ini yang berlangsung hampir setiap hari, selama paling tidak 2 minggu;
1. selera makan hilang atau kehilangan berat yang sangat berarti (dalam keadaan ga diet)
2. susah tidur(insomnia) dan hipertensi
3. gerakan yang melambat
4. kehilangan minat atau rasa senang pada kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan.
5. kehilangan tenaga, kelelahan.
6. merasa tidak berharga, menyalahkan diri, merasa bersalah yang berlebihan.
7. menggerutu atau menunjukkan hilangnya kemampuan berpikir sehingga sulit mengambil keputusan.
8. selalu muncul pikiran tentang kematian, bunuh diri, ingin segera mati.

nah lho! kalo ada tanda tanda yang lo rasain, mending lo coba hilangin deh!
menurut Martin Selibman, tokoh psikologi positif, berkomentar, "kita sekarang ini berada di tengah-tengah wabah depresi, wabah dengan akibat bunuh diri yang menyebabkan kematian sama banyaknya dengan kematian karena AIDS dan lebih menyebar. Depresi yang parah sepuluh kali lebih banyak terjadi sekarang ini daripada lima puluh tahun lalu. Depresi menyerang perempuan dua kali lebih sering daripada lelaki dan sekarang menyerang sepuluh tahun lebih muda daripada generasi sebelumnya."
FYI, sikap sedih akan memadamkan bara harapan, mematikan ruh cita-cita, dan membekukan semangat jiwa. ga jauh beda seperti demam yang melumpuhkan kehidupan. seperti barikade yang tidak mudah untuk dilalui dan menghalangi setiap pergerakan menuju kebahagiaan. bahkan, kesedihan merupakan situasi yang paling disukai setan karena melalui kesedihan setan menurunkan keyakinan hati manusia akan keadilan dan kasih sayang Allah.
nah lho! sekarang ini (buat lo yang sedih) coba deh usir kesedihan, pantang nyerah, buang jauh-jauh, nolak, melawan atau bahkan mengalahkan kesedihan.
tau ga sih, situasi tanpa kesedihan itu gambaran surga. nah jadi keharusan buat manusia untuk mendatangkan kebahagiaan dan menciptakan kehidupan yang melapangkan dada. mohon kehidupan yang baik, penghidupan yang memuaskan, pikiran yang jernih, dan kelapangan dada.
ga susah kok, selama lo punya usaha.
dunia ini emang kejam, tapi ini cuma sementara kok, mending pikir dulu amal yang mau kita bawa ke akhirat. kalo lo ga bisa hidup di dunia dengan bahagia, gimana di akhirat?
so, bukan maksud sok bijak atau gimana, tapi ini cuma sebagai motivasi aja, kalo hidup lo bukan untuk saat ini. pikirin ke depan OK!

diambil dari: buku
La Tahzan FOR TEENS dan ditambahkan oleh akuuuuuu hahahahaha

see yaaa! =)

Tidak ada komentar: